Wanita Muslim dalam bersikap Lemah Lembut Pada Orang Lain

Pada dasarnya sikap lemah lembut itu berguna untuk umum baik laki-laki maupun perempuan, karna islam mewajibkan kepada seluruh pemeluknya untuk bersikap lemah lembut terhadap sesamanya. oleh karna itu Wanita muslimah yang baik dan senantiasa menyadari hokum-hukum agamanya dan mendapat pancaran petunjuk agamanya. Cukuplah wanita muslimah mengetahui bahwa kelembutan itu merupakan salah satu dari sifat Allah yang tinggi. Dia menghendaki supaya sifat tersebut tertanam didalam  diri hamba-hamba-Nya  dalam setiap hal kapan dan di mana saja dia berada.

Rosullah SAW. bersabda :

sesungguhnya Allah itu lembut, menyukai kelembutan, dan memberikan pada kelembutan sesuatu yang tidak di berikan pada kekerasan dan tidak diberikan kepada sifat-sifat yang lainnya.”
(HR.Muslim)
Karna sikap lemah lembut yang dimiliki wanita muslimah itulah yang membuat beda dari wanita-wanita lainnya, Maka tidak heran, jika lemah lembut dalam agama ini merupakan kebaikan yang menyangkut seluruhnya. Barang siapa menerapkannya maka dia akan memperoleh kebaikan seluruhnya. Dan sebaliknya barang siapa tidak menerapkannya, maka diharamkan baginya seluruh kebaikan. mengenai tersebut telah diterangkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Jarir bin Abdullah, dimana dia bercerita aku pernah mendengar Rosullulah SAW. bersabda:
“Barang siapa tidak memiliki kelemah lembutan. maka diharamkan kebaikan seluruhnya.”   (HR.Muslim).

Diantaranya petunjuk-petunjuk ajaran yang diberikan Islam itu adalah bahwa orang harus bersikap lemah lembut dan juga sopan santun dalam setiap pergaulannya dengan sesamanya, tidak diperbolehkan menggunakan kekerasan atau kejahatan dan kekejaman dalam berkata-kata atau dalam tindakan. sikap lemah lembut itu telah diajarkakan dan dicontohkan oleh Rosullulah SAW. kepada para sahabatnya dan juga umatnya, beliau senantiasa menanamkan sikap lemah lembut pada dirinya sehingga beliau selalu dicintai dan di sayangi oleh para sohabatnya dan juga umatnya. hal itu telah diterangkan dalam surat Ali- Imran ayat: 159
“Maka disebabkan rahmat dari Allah kamu bersikap lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya bersikap kasar lagi berhati keras, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingnya. Karna itu maafkanlah mereka mohonkanlah ampun bagi mereka dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu.”
Oleh karna itu, untuk mencapai seluruh kebaikan dan kebahagiaan di hari akhir kelak marilah kita tanamkan serta budayakan sikap lemah lembut dalam setiap pergaulan di kalangan masyarakat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*