Wanita dalam Menahan Hawa Nafsu

Bagi wanita muslimah ahlak mulia diantaranya juga adalah selalu menahan hawa nafsu, yaitu berusaha sekuat tenaga agar terhindar dari perbuatan dosa. Sebenarnya menahan hawa nafsu lebih berat dari pada memerangi orang-orang kafir, hal ini terbukti dalam sabda Rosullulah SAW. ketika kembali dari suatu peperangan besar, yang pada waktu itu disampaikan pada sohabatnya, berikut ini :
“kita kembali dari peperangan yang paling kecil, menuju peperangan yang lebih besar.” Kemudian para sohabat bertanya, ”Apakah peperangan yang lebih besar itu ya Rosullullah?” Rosulullah SAW.  Menjawab, ”Bahwa peperangan yang lebih besar itu adalah memerangi hawa nafsu.”

Kalau seorang wanita telah berhasil memerangi hawa nafsunya tersebut atau dapat menahan kemauan-kemauannya untuk berbuat jahat, maka dia benar-benar wanita Muslimah yang beriman dan bertaqwa. Lalu apa sajakah kemauan-kemauan hawa nafsu itu?, sebenarnya kemauan hawa nafsu itu banyak sekali, dan dapat kita simpulkan, yaitu melanggar syariat agama. Kalau manusia sudah dapat menghindari larangan-larangan-NYA berartidia telah berhasil memerangi hawa nafsu itu.

Memang perjuangan yang paling berat yaitu melawan hawa nafsu, karena tiada musuh yang paling kuat yang sulit untuk dikalahkan, karena sekuat apapun kekuatan manusia  pasti akan terkalahkan dengan cepat. Namu hawa nafsu itu lebih berat dari gunung yang paling besar dan berat betapa tidak hal ini paling sulit untuk dihilangkan apalagi bagi mereka yang tingkat atau kadar imannya kurang. Oleh karenanya seorang wanita muslim akan selalu menjaga kepribadiannya agar dia bisa terhindar dari nafsu yang berlebih lebih.

Hawa nafsu ini ada berbagai macam baik dari segi material, rohani dan jasmani dan sifat inilah yang paling sulit dilawan oleh seorang wanita. Karena hingar bingarnya kehidupan yang serba modern ini menuntuk wanita untuk berpenampilan yang feminim hal ini terjadi dibeberapa negara berkembang. Oleh karenanya mari kita kembali kepada kodratnya sebagai wanita muslimah yang disayang keluarga dan masyarakat dengan berpenampilan yang sopan dan tidak berlebih lebihan yang mengakibatkan dapat mendatangkan hawa nafsu bagi yang melihatnya. Wanita muslimah adalah wanita yang dapat menahan hawa nafsunya secara lahir dan batin agar tidak terbawa oleh beradapan yang sudah melenceng jauh dari ajaran islam.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*