Sifat wanita muslim dalam menghormati orang yang lebih Tua

Dalam Zaman yang serba modern dan  era globalisasi, dampak dari pembangunan sangat bagus karna serba canggih akan tetapi bagi pergaulan sangat rusak karna adanya pergaulan bebas yang tidak pernah memperhatikan adat kesopan-santunan Akibatnya tidak adanya rasa hormat yang lebih muda kepada yang lebih tua. Ajaran Islam telah datang dengan membawa segudang kaidah moral yang sangat luhur yang menanamkan kedalam kepribadian manusia kebaikan, kemuliaan, adab sopan santun. Diantara kaidah ahlak yang paling menonjol adalah penghormatan terhadap orang yang lebih tua dan memberikan penghormatan kepada  orang yang memiliki keutamaan.

Wanita muslimah yang benar-benar sadar dan senantiasa  berpegang pada ajaran-ajaran agamanya, tidak pernah lengah untuk menerapkan kaidah-kaida dan prinsip-prinsip Islam yang senantiasa menekankan pada setiap pemeluknya adab sopan santun, yaitu rasa penghormatan yang lebih muda kepada yang lebih tua dan juga memberikan penghormatan kepada orang yang memiliki kemuliaan. Bagi Wanita yang tidak tertanam dalam dirinya sifat tersebut, maka hilanglah keanggotaannya dari umat islam, sebagaimana yang telah diterangkan  dalam sabda Rosullulsh SAW  berikut ini :
“bukan termasuk umatku orang yang tidak menghormati orang tua dan menyayangi yang lebih muda diantara kita, dan tidak mengetahui hak orang alim diantara kita.”

Begitu penting dan mulianya ahlak tersebut yang harus dimiliki oleh setiap kaum Muslim baik laki-laki maupun Wanita agar terciptanya hormat menghormati antara sesamanya oleh karna itu Rosullulah SAW berusaha keras menanamkan makna tersebut ke dalam jiwa kaun Muslim secara mendalam, pada saat bersamaan beliau mengangkat kaidah-kaidah masyarakat Islam dan memperkuat tiang-tiang ahlak di dalamnya. Diantara bukti yang kongkrit yang menunjukkan terhadap kesungguhan tersebut adalah ucapan beliau kepada Abdurrohman bin Sahl, pada suatu saat beliau melihat Abdurrohman berbicara di tengah suatu utusan dia adalah orang yang paling kecil diantara mereka, maka beliu bersabda :
“Orang yang berbicara hendaklah yang lebih besar darinya Maka Abdurrohman pun diam, lalu berbicaralah orang yang lebih besar darinya.”

Wanita Muslimah modern menghormati orang yang lebih tua dan memuliayakan orang yang mempunyai kelebihan tidak lain mengamalkan ahlak mulia. Karna menghormati orang yang lebih tua dan orang yang mempunyai kemuliaan termasuk  telah mengagungkan Allah SWT. Sebagaimana yang telah di terangkan dalam sabda Nabi SAW berikut ini:
“sesungguhnya termasuk mengagungkan Allah ta’ala menghormati orang yang Muslim dan orang yang membaca AL-Qur’an (menghafal AL-Qur’an) yang tidak mengabaikan dan tidak lupa membacanya, serta  menghormati orang yang mempunyai kekuasaan yang adil.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*